Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir mengadakan seminar internasional pada Kamis 10 Desember 2020. Pelaksanaan kegiatan ini diprakarsai oleh HMPS IAT yang diketuai oleh Muh. Alimin selaku Plt. berseta para pengurusnya.

Dalam Kesempatan ini Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah memberikan sambutan tentang urgensi kegiatan ini. Selanjutnya dibuka pada pukul 09.00 oleh Rektor IAIN Palopo, Prof. Dr. Abdul Pirol, M.Ag. dan selesai pukul 12.30 WITA.

Kegiatan webinar ini dipandu oleh Moderator, Teguh Arafah Julianto, S.Th.I., M.Ag. Adapun narasumbernya ialah 1) Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A (Imam Besar Masjid Itiqlal Jakarta), 2) Prof. Dr. H. Mikdar Rusdi, Lc., M.A (Dekan Fakulty Ushuluddin Kolej University Perguruan Ugama Seri Begawan), dan Dr. H. M. Zuhri Abu Nawas, Lc., M.A. (Direktur Pascasarjan IAIN Palopo).

Webinar ini dilaksanakan secara blanded: luring dan daring karena ada kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masysarakat) oleh pemerintah akibat virus Covid19. Dua Pemateri pertama dan kedua hadir secara virtual dan pemateri ketiga hadir di lokasi Gedung Teater Mini FUAD. sebanyak 50 peserta hadir secara luring, dan 250 secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Sebagai kesimpulan bahwa Moderasi Beragama perlu untuk selalu digaungkan terlabih dalam ruang-ruang akademik yang disesaki dengan model kebragamaan yang cenderung intoleran dan abai terhadap budaya dan kearifan lokal. Salah satu indikator Moderasi Beragama ialah mengakomodir kearifan lokal. Ini yang menjadi kekuatan dari tema webinar kali ini. Selain itu, Kearifan lokal juga menjadi Visi kampus IAIN Palopo, Terkemuka dalam integrasi keilmuan berciri kearifan lokal.. Maka, kegiatan kali sangat menunjang tercapainya Visi dan Misi kampus IAIN Palopo.

#

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *